
Pecahkan rekor Sirkuit Balipat
Luar biasa performa besutan Fitriansyah Kete, di road race yang di pentas di sirkuit Balipat, Binuang, Banjarmasin, Kalimantan Selatan (22/9). Yamaha Jupiter Z yang turun di kelas 110 cc, saat superpole 1 berhasil tembus 1;15,0 detik. Itu artinya Kete pecahkan rekor waktu tercepat sirkuit yang pernah dipegang Denny Triyugo tahun 2010, 1;15,2 detik.
Bukan hanya itu, Kete berhasil duduk di kasta tertinggi seri 5 kelas IP2 dengan membekukan podium pertama race 1 dan 2. Tentu ini berkat engine yang di develop Hawadis, sebagai peracik motor Kete. “Karakteristik Jupiter Z ini disesuaikan cara balap Kete. Dibikin power isi mulai rpm bawah-tengah,” bilang Hawadis Chief Mekanik tim Yamaha Yamalube Nissin SMF KYT TJM ini.

Magnet dibuat berat 250 gram, bikin torsi galak, Durasi noken as in 271 derajat dan ex 270 derajat
Untuk merealisasikan supaya motor bisa klop dengan keinginan pembalap, ada 3 seting khusus. “Engine hampir sama saja seperti dulu. Yang bikin power ngisi terus, cukup sesuaikan rasio gearbox, karbu dan rotor,” bilang Robinson, mekanik yang pegang motor Kete. Piston standar, diganti tipe forged custom by TJM yang diameternya 52 mm. Part ini dipadu dan stroke 54 mm. Hasilnya isi silinder jadi 114,9 cc, ini masih aman karena regulasi jangan sampaiNurullebih dari 115 cc. Untuk menjaga endurance 20 lap atau 36 km, mendem piston dibikin 0,4 mm. Kombinasi ini, bikin perbandingan kompresi jadi 12,9 : 1.
Mengatur buka-tutup klep in 28 mm dan ex 23 mm, kem dibikin pakai Honda Genio yang dicustom ulang. “Durasi in 271 derajat dan ex 270 derajat. Klep inmembuka 37 derajat sebelum TMA (Titik Mati Atas) dan menutup 59 setelah TMB (Titik Mati Atas). Sedangkan katup buang membuka 59 derajat sebelum TMB dan menutup 36 derajat setelah TMA,” detail Robinson, yang bukan nama dari Toko swalayan itu. Upss...!
Sedikit nyeleneh memang. Orang-orang pindah dari pelatuk ke roller, eh, malah Jupiter Z ini masih pakai pelatuk biasa. “Pelatuk klep ini adopsi punya Yamaha Crypton, Bahannya lebih kuat,” jelasnya. Sedangkan untuk crank case, pakai punya Yamaha X1. Ini ditempuh, agar kampas kopling selalu basah. Karenadi crankcase X1 terdapat jalur semprotan khusus yang menuju ke bak kopling.

Piston custom ramuan TJM
Nah, giliran seting agar power bisa ngisi mulai rpm bawah-atas. Untuk meningkatkan torsi, bagian magnet dibikin ulang lewat mesin CNC yang dibikin 250 gram. Karakteristik sirkuit Balipat, yang dituntut harus rolling speed, makan gearbox diseting gigi I 13/36 mata. Gigi II, 18/33 mata. Gigi III, 21/29 mata dan gigi IV, 21/24 mata.
Mensyiasati cuaca yang lumayan tinggi, karburator Mikuni TM 24 mm Sudco dijejali pilot jet 27dan main jet 150. Hasilnya, podium tertinggi pun dinikmati Kete dengan senyuman.
KOTAK KOMENTAR
|
ARTIKEL TERKAIT
Otomotif
- Audi Kembangkan Mobil yang Mampu Berubah Warna dan Memperbaiki Diri Sendiri
- Rio Haryanto Jajal Mobil MRT05
- 13 Modifikasi moge yang malah aneh, lucu dan di luar dugaan!
- Maya Ismianti, Suka Motor yang Besar
- Race Direction Dinilai Telat Menyadari Sikap Janggal Marquez
- Guys, Masuk Mobil Jangan Langsung Nyalain AC ya, Walaupun Mobilmu Sepanas Oven
- Aksi Nyeleneh Sepanjang Sejarah MotoGP
- Ini dia Moge Kustom Paling Mahal se-Jagat
- ASTAGA!!! INI TRAGEDI "THE DOCTOR" VALENTINO ROSSI VS MARC MARQUEZ VERSI PEBALAP INDONESIA
- Rossi Kesal Ada Pertemuan Rahasia Marquez-Lorenzo di Andora
- 10 Kebiasaan Bodoh Sopir Indonesia
Unik
- Band Indonesia yang punya nama unik, kamu pernah dengar lagunya?
- Berhenti Kerja, Pria Ini Traveling Untuk Berburu Pokemon
- Gila! Manusia Ini Menggugat Tuhan Ke Pengadilan
- Mengejutkan Wanita Melahirkan Tanpa Hamil
- Tanpa Pasangan Orang Ini Menikah Dengan Dirinya Sendiri
- Ada Ada Saja Jasa Sewa Paling Aneh Di Dunia
- Di Kebun Binatang Ini, Hewan Dibiarkan Mati Kelaparan Hingga Menjadi Mumi
- Heboh, Bocah Ini Menjadi Bukti Reinkarnasi Itu Ada
- Pria Tua Ini Telepon 911 untuk Minta Makan, Akhirnya Mengejutkan
- Rahasia Terbesar Umat Manusia ini Lenyap Karena Kematian Mereka
- Nenek Super Cantik yang Keseksiannya Bikin Pria Muda Gemetar