Kali ini kita mau membahas tentang alasan kenapa kita malas jalan kaki di kota-kota Indonesia. Alasan-alasan tulisan berdasarkan pengamatan di kota ane serta diambil dari beberapa sumber.
Tentu saja banyak sekali alasan kenapa jalan kaki di Kota Indonesia ini bikin malas, misal saja: jarak yang jauh, panas, polusi, tidak adanya shelter-shelter khusus untuk transport umum, dll. Namun, disini kita akan memfokuskan pada sarana pejalan kaki yang ada yaitu Trotoar atau Pedestrian Ways.
Apa sih Trotoar itu?Trotoar adalah JALUR PEJALAN KAKI yang terletak di daerah manfaat jalan, diberi lapis permukaan, diberi elevasi lebih tinggi dari permukaan jalan, umumnya sejajar dengan jalur lalu lintas kendaraan
Fungsi utama trotoar adalah untuk memberikan pelayanan pada pejalan kaki sehingga dapat meningkatkan kelancaran, keamanan dan kenyamanan pejalan kaki tersebut. Trotoar juga berfungsi untuk memperlancar lalu lintas jalan raya karena tidak terganggu atau terpengaruh oleh lalu lintas pejalan kaki. Ruang dibawah trotoar dapat digunakan sebagai ruang untuk menempatkan utilitas dan perlengkapan jalan lainnya.
Jelas bahwa trotoar milik pejalan kaki. Alasan kenapa kita sering malas jalan di trotoar karena pada prakteknya, banyak trotoar yang memiliki fungsi ganda selain sebagai sarana pejalan kaki, apa aja sih?
1. Trotoar sebagai jalur tambahan untuk motor
Kemacetan dikota memang menjadi momok, karena itu banyak sepeda motor yang menggunakan trotoar sebagai "jalur alternatif" untuk menghindari kemacetan, hal ini tentu membuat pejalan kaki malas untuk jalan di trotoar, karena trotoar tak lagi "aman".
Kemacetan dikota memang menjadi momok, karena itu banyak sepeda motor yang menggunakan trotoar sebagai "jalur alternatif" untuk menghindari kemacetan, hal ini tentu membuat pejalan kaki malas untuk jalan di trotoar, karena trotoar tak lagi "aman".
2. Tempat Parkir
Parkir memang menjadi masalah utama di perkotaan, banyak lokasi yang tidak menyediakan parkir khusus untuk kendaraan, alhasil, badan jalan dan trotoar pun dijadikan lahan parkir yang menambah kemacetan. Tentu kalo trotoar penuh dengan kendaraan bikin malas jalan di trotoar kan gan?
Parkir memang menjadi masalah utama di perkotaan, banyak lokasi yang tidak menyediakan parkir khusus untuk kendaraan, alhasil, badan jalan dan trotoar pun dijadikan lahan parkir yang menambah kemacetan. Tentu kalo trotoar penuh dengan kendaraan bikin malas jalan di trotoar kan gan?
3. Tempat Mangkal PKL
PKL emang udah jadi kebutuhan bagi masyarakat, selain karena harganya yang terjangkau tempatnya juga terjangkau. Hmm..ya, karena banyak PKL yang menggunakan trotoar untuk membuka lapak mereka. Banyaknya PKL yang memenuhi badan jalan pasti juga bikin males jalan kaki kan gan?
PKL emang udah jadi kebutuhan bagi masyarakat, selain karena harganya yang terjangkau tempatnya juga terjangkau. Hmm..ya, karena banyak PKL yang menggunakan trotoar untuk membuka lapak mereka. Banyaknya PKL yang memenuhi badan jalan pasti juga bikin males jalan kaki kan gan?
4. Trotoar tempat semua tiang berada
Kenyamanan pejalan kaki terganggu banget ma tiang-tiang yang sering ada di trotoar mulai dari tiang listrik, tiang telepon, tiang lampu jalan, dll. Selain tiang, trotoar juga sering dipenuhi buat tiang reklame super gede yang bikin males kalo jalan di trotoar.
Kenyamanan pejalan kaki terganggu banget ma tiang-tiang yang sering ada di trotoar mulai dari tiang listrik, tiang telepon, tiang lampu jalan, dll. Selain tiang, trotoar juga sering dipenuhi buat tiang reklame super gede yang bikin males kalo jalan di trotoar.
5. Trotoar tempat Pot Super Gede
TS cukup bingung dengan maksud adanya pot super gede yang terkadang memenuhi trotoar jadi bikin ga nyaman pejalan kaki. Mungkin sih tanaman pot-pot ini untuk peneduh, namun, malah mengganggu kenyamanan pejalan kaki dan bikin males jalan di trotoar, padahal kan fungsi utamanya buat jalan kaki
TS cukup bingung dengan maksud adanya pot super gede yang terkadang memenuhi trotoar jadi bikin ga nyaman pejalan kaki. Mungkin sih tanaman pot-pot ini untuk peneduh, namun, malah mengganggu kenyamanan pejalan kaki dan bikin males jalan di trotoar, padahal kan fungsi utamanya buat jalan kaki
6. Tempat Halte
Halte bus rapid transit di beberapa kota Indonesia menggunakan lahan trotoar yang sangat mengganggu pejalan kaki. Bahkan terkadang, tidak ada ruang untuk pejalan kaki, hal ini tentu bikin males buat jalan kaki, karena trotoar yang tidak terputus-putus.
Halte bus rapid transit di beberapa kota Indonesia menggunakan lahan trotoar yang sangat mengganggu pejalan kaki. Bahkan terkadang, tidak ada ruang untuk pejalan kaki, hal ini tentu bikin males buat jalan kaki, karena trotoar yang tidak terputus-putus.
KOTAK KOMENTAR
|