Friday 14 November 2014

Heboh.....Ternyata Komet 67P/CG Bisa Bernyanyi




komentar | baca - tulis komentar

Program pesawat pengorbit Rosetta mendekati komet 67P/Churyumov-Gerasimenko (67P/CG). Saat bersiap-siap untuk menembakkan pendarat Philae di permukaannya, ilmuwan dari European Space Agency (ESA) menemukan fenomena yang tidak terduga. Komet 67P/CG bernyanyi!



Instrumen yang dirancang untuk menganalisis lingkungan plasma sekitar 67P/CG, merekam suara gelombang rendah yang dibuat oleh aliran partikel bermuatan listrik yang dilepaskan oleh komet.

"Ini menarik karena benar-benar baru bagi kita," kata Karl-Heinz Glaßmeier, peneliti utama dengan Rosetta's Plasma Consortium (RPC) dalam sebuah pernyataan pers, Selasa (11/11/2014).

"Kami tidak menyangka ini terjadi dan kami masih berusaha untuk memahami penyebab dari apa yang terjadi."

Glaßmeier dan timnya turut menghebobahkan masyarakat dunia maya dengan mengunggah "nyanyian sang komet" secara daring. Namun sebelum mengunggah suara yang terekam, meningkatkan gelombang suara menjadi 1.000 kali lebih kuat dari suara asli yang terekam.

Hal ini dilakukan karena gelombang suara yang terekam jauh di bawah ambang batas pendengaran manusia. Suara yang dikeluarkan komet bernyanyi itu berada di antara 40 dan 50 millihertz. Manusia hanya dapat mendengar suara mulai dari 20 hertz hingga 20 kilohertz.

Suara yang diunduh mendapat beragam komentar. Mulai dari komentar dari orang yang terkagum-kagum hingga komentar "nyeleneh". (The Independent)



Sumber : Owunik . blogspot . com - yang unik, emang asyik :)


KOTAK KOMENTAR

ARTIKEL TERKAIT

INFormasi... Gak Basii...

infosihh.blogspot.com

Mobile | Lintas.me
sansanichsan71@gmail.com
Back to Top
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...